Kamis, 18 Mei 2017

Fungsi Bisnis Radar Malang


FUNGSI BISNIS
Jawa pos (Radar Malang)
oleh bpk. kurniawan mohammad




Dalam keberadaannya Radar Malang tidak bisa terlepas dari keberadaan Jawa Pos Biro Malang. Jawa Pos Biro Malang berdiri sejak 1980-an. Di tahun 1999 menjelang siberlakukannya otonomi daerah di Indonesia, Jawa Pos membuat 7 radar di Jawa Timur sebagai pelopor daerah. 7 Radar yang berdiri pada tahun 1999 yaitu:

1. Malang
2. Kediri
3. Jember
4. Bromo
5. Madiun
6. Bali
7. Madura

Dan sekarang di Jawa Timur sendiri sudah ada 12 Radar, terdiri dari:

8. Banyuwangi
9. Surabaya
10. Tulungagung
11. Mojokerto
12. Jombang

Sesungguhnya Radar Malang dan Jawa Pos menjadi Group, Jawa Pos sebagai holding (perusahaan induk) yang mempunyai banyak anak perusahaan dengan berbagai macam, salah satunya adalah Radar Malang sendiri.
Dalam Produksinya Radar Malang menggunakan:
1. Media Cetak
2. Media Elektronik
3. Media Online
4. Hotel
5. Percetakan
6. Pabrik Kertas
7. Power Plant

Selain Media yang diguanakan di atas Radar Malang juga menyediakan website khusus. Website tersebut menggunggah berita sama persis seperti media cetak yang sehari-hari di edarkan. Namun khusus untuk media cetaknya setiap 3 bulan sekali di setorkan ke Jawa Pos group untuk mengikuti kompetisi terkait dengan produk (konten) dari setiap media cetaknya. Yang dinilai antaranya:
1. Foto
2. Isi berita
3. Infografis

Dan hasilnya Radar mal;ang mampu memenangkan kompetisi dengan urutan 10 Media Cetak terbaik dan terbesar di Jawa Timur.

Dalam bisnis koran radar malang menggunakan khas sebagai pedomannya. Khas disini yaitu :
1. Satu sisi produknya bisa dianggap sebagai barang
2. Sisi lain produknya bisa dianggap sebagai jasa
3. Jam kerja yang khas (devisi redaksi)

Contohnya:
1. Ada Idealis yaitu News
2. Bisnis yaitu Iklan

News terdiri dari kepentingan public dan keinginan public Sedangkan Iklan terdiri dari  kepentingan klien dan keinginan klien.

Dalam bisnisnya radar malang juga banyak mengalami tantangan, diantaranya
1. Gempuran Online, Media sosisal dan Media elektronik yang semakin maju
2. Life Stlye yang berubah. Contohnya seperti belanja online yang semakin marak digunakan
3. Perubahan demografis
Mereka menanganinya dengan strategi konten yang menarik, membuat online berbasis print (edisi bisa dicetak), berita online yang selalu up to date, dekat dengan pembaca (berinteraksi langsung) contohnya membuat kuis ataupun kompetisi, mengerti minat pembaca muda, dan menggaet komunitas, keluarga, perempuan.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Batman Begins - Link Select 2

UNIVERSITAS ASIA MALANG

UNIVERSITAS ASIA MALANG
BUSINESS PRACTICE 4

Recent Posts

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Cari Blog Ini